A. Erp (Enterprise Resource Planning)
Sistem informasi yang diperuntukkan bagi perusahan manufaktur maupun jasa yang berperan mengintegrasikan dan mengotomasikan proses bisnis yang berhubungan dengan aspek operasi, produksi maupun distribusi di perusahaan bersangkutan.
Tujuan Sistem ER
Menyatukan dan mengatur semua data dan proses-proses dalam organisasi bisnis. A common denominator dari kebanyakan sistem ERP adalah penggunaan database yang bersatu untuk penyimpanan data dan sistem lain modul.
KEUNTUNGAN ERP
Penurunan inventori
Penurunan tenaga kerja secara total
Peningkatan service level
Peningkatan kontrol keuangan
Menghemat waktu yang di butuhkan untuk mendapatkan informasi
B. Electronic Commerce (E-Commerce)
Proses pembelian dan penjualan produk, jasa dan informasi yang dilakukan secara elektronik dengan memanfaatkan jaringan komputer. Salah satu jaringan yang digunakan adalah internet.
Sejarah E-commerce
Tahun 1994 : Perkenalan
Tahun 2003 – 2006 : Perkembangan perdagangan melalui media elektronik
Tahun 2011 : Peningkatan value (income)
Pengaruh Penggunaan E-Commerce Terhadap Perkembangan Perusahaan
1. Menyediakan harga kompetitif
2. Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
3. Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
4. Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.
5. Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
6. Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
7. Mempermudah kegiatan perdagangan
Mekanisme E-commerce
• Pembeli yang hendak memilih belanjaan yang akan dibeli bisa menggunakan ‘shopping cart’untuk menyimpan data tentang barang-barang yang telah dipilih dan akan dibayar. ‘Shopping cart’biasanya berupa formulir dalam web, dan dibuat dengan kombinasi CGI, database, dan HTML. Barang-barang yang sudah dimasukkan ke shopping cart masih bisa di-cancel, jika pembeli berniat untuk membatalkan membeli barang tersebut
• Jika pembeli ingin membayar untuk barang yang telah dipilih, ia harus mengisi form transaksi.
• Pembeli mengadakan transaksi, retailer akan mengirimkan barang yang dipesan melalui jasa pos langsung ke rumah pembeli. Beberapa cybershop menyediakan fasilitas bagi pembeli untuk mengecek status barang yang telah dikirim melalui internet.
Manfaat E-commerce
· Menciptakan saluran distribusi (memperbanyak pelanggan)
· Pelayanan lebih responsif dan memuaskan (on-line)
· Penghematan Biaya dan Waktu
· Mengubah karakteristik pekerjaan, karir, dan kompensasi
· Memudahkan dalam memasarkan suatu barang
Perbedaan Erp Dan E-Commerce
ERP : Producing
E – Commerce : Marketting
Tidak ada komentar:
Posting Komentar